RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA ..............................
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : XII/ Ganjil
Materi Pokok : Matriks
Alokasi
Waktu : 16×45 menit
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B. Kompetensi Dasar
1.1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
|
2.1
|
:
|
Menghayati
perilaku disiplin, sikap kerja sama, sikap kritis dan cermat dalam bekerja
menyelesaikan masalah kontekstual
|
3.1
|
:
|
Menganalisis
konsep, nilai determinan dan sifat operasi matriks serta menerapkannya dalam
menentukan invers matriks dan dalam memecahkan masalah
|
4.1
|
:
|
Menyajikan
dan menyelesaikan model matematika dalam bentuk persamaan matriks dari suatu
masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear.
|
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah pembelajaran Matriks, Peserta didik dapat
3.1.1
|
:
|
Menganalisis konsep determinan matriks
|
3.1.2
|
:
|
Menemukan nilai determinan
matriks dengan sifat operasi matriks ordo 2×2
|
3.1.3
|
:
|
Menemukan nilai determinan
matriks dengan metode minor kofaktor dan sifat operasi matriks ordo
3×3
|
3.1.4
|
:
|
Menentukan nilai invers matriks ordo 2×2 dan 3×3
|
3.1.5
|
:
|
Menerapkan invers matriks dalam memecahkan masalah
|
4.1.1
|
:
|
Membuat
model matematika dalam bentuk sistem persamaaan linear menjadi bentuk matriks
|
4.1.2
|
:
|
Meyelesaikan
SPL dengan invers matriks dan metode
Crammer
|
A. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuaan ke-1 (2×45 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
1.
Untuk menumbuhkan penghayatan terhadap agama
yang dianutnya, guru mengucapkan salam
dan memulai pembelajaran dengan membaca doa.
2.
Guru
menanyakan kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan “Bagaimana kabar
kalian hari ini? Sudah
siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak bisa hadir dalam pembelajaran hari
ini?
3.
Guru meminta peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas, minimal di
sekitar meja dan kursi tempat duduknya dan juga memeriksa kerapian peserta didik dalam
berpakaian.
4.
Sebagai
apersepsi, Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari,
dengan pertanyaan “ Apakah kalian ada yang masih ingat pembelajaran Matriks pada pembelajaran
di kelas XI?”
5.
Guru menyampaikan kepada Peserta Didik materi
yang akan dipelajari dan indikator yang ingin dicapai setelah pembelajaran
ini, yaitu Menganalisis konsep determinan matriks, diharapkan dalam diri Peserta Didik akan
tumbuh rasa ingin tahu.
6.
Guru memotivasi Peserta Didik agar mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan peserta didik diberi informasi
bahwa guru akan melakukan penilaian terhadap sikap Peserta Didik, terutama
sikap disiplin.
7.
Peserta Didik mendengarkan dan menanggapi motivasi
yang disampaikan guru tentang manfaat belajar Matriks
|
10
|
2
|
Inti
|
Mengamati
1. Peserta Didik diarahkan untuk membaca buku paket atau
buku lainnya, yang memuat materi determinan
matriks
2. Peserta Didik diberikan stimulus berupa pemberian materi
oleh guru yaitu mengenai determinan matriks
3. Untuk menumbuhkan sikap saling peduli, guru membagi
kelas menjadi beberapa kelompok
4. Tiap-tiap kelompok diberi lembar kerja, dalam hal ini Peserta Didik diharapkan memiliki rasa
tanggung jawab dan dapat bekerja sama.
Menanya
5. Peserta didik diarahkan untuk bertanya mengenai materi pembelajaran
yang disampaikan, atau mengenai soal-soal yang ada pada lembar kerja.
Mengeksplorasikan
6. Selama peserta didik bekerja di
dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua peserta didik untuk
terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh dari
pekerjaannya.
7. Di dalam kelompoknya, peserta didik diarahkan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi
Mengasosiasikan
8. Didalam kelompoknya, Peserta Didik akan mencoba
dan menalar untuk
memilih matriks yang memiliki determinan dan memecahkan masalah yang
berkaitan dengan determinan matriks
9. Selama Peserta Didik mengerjakan tugas,
guru melakukan pengamatan terhadap
kerja Peserta Didik dalam kelompok mereka, dan mengingatkan Peserta Didik
agar bekerja sama, saling membantu dan peduli.
Mengomunikasikan
10. Guru mempersilakan kepada perwakilan kelompok untuk
mengomunikasikan hasil kerja kelompok mereka, dengan cara melakukan
presentasi atau mengerjakan di papan tulis
dan Peserta Didik dari kelompok lain diminta untuk memperhatikan
dengan seksama, dalam hal ini Peserta
Didik akan menunujukkan rasa percaya diri dan saling menghargai.
11. Untuk menumbuhkan rasa saling menghargai, Peserta Didik dari kelompok
lain dipersilahkan untuk menanggapi dengan bahasa yang
santun
12. Dengan penuh rasa tanggung jawab Peserta Didik dipersilahkan untuk mengumpulkan lembar kerja mereka.
13. Dengan tanya jawab,
guru mengarahkan semua Peserta Didik pada kesimpulan mengenai materi determinan matriks
14. Untuk memperkuat rasa saling menghargai dan rasa percaya diri, Peserta
Didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas, dan kelompok penyaji akan
mengomunikasikannya.
15. Guru menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh Peserta Didik dan
meluruskan jawaban yang diberikan oleh Peserta Didik
16. Guru memberikan apresiasi kepada Peserta Didik yang bertanya dan
menjawab pertanyaan yang disampaikan.
17. Guru memberikan beberapa soal yang
terkait dengan materi yang sudah
dibahas untuk dikerjakan dan dikumpulkan.
|
65
|
3
|
Penutup
|
1.
Guru
bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.
Guru
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan
3.
Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
4.
Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok (telah
diberikan pada tahap arahan) dan menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
5.
Guru menutup
pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
15
|
Pertemuaan ke-2 (2×45 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
1.
Untuk menumbuhkan penghayatan terhadap agama
yang dianutnya, guru mengucapkan salam
dan memulai pembelajaran dengan membaca doa.
2.
Guru
menanyakan kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan “Bagaimana kabar
kalian hari ini? Sudah
siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak bisa hadir dalam pembelajaran hari
ini?
3.
Guru meminta peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas, minimal di
sekitar meja dan kursi tempat duduknya dan juga memeriksa kerapian peserta didik dalam
berpakaian.
4.
Sebagai
apersepsi, Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari,
dengan pertanyaan “ Apakah diantara kalian ada yang masih ingat pembelajaran Matriks
pada pertemuan sebelumnya?”
5.
Guru menyampaikan kepada Peserta Didik materi
yang akan dipelajari dan indikator yang ingin dicapai setelah pembelajaran
ini, yaitu Menemukan nilai determinan
matriks dengan metode minor kofaktor dan sifat operasi matriks ordo
2×2, diharapkan dalam diri Peserta Didik akan
tumbuh rasa ingin tahu.
6. Guru memotivasi Peserta Didik agar
mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan peserta didik diberi
informasi bahwa guru akan melakukan penilaian terhadap sikap Peserta Didik,
terutama sikap Bekerja sama/
Gotong royong.
7.
Peserta Didik mendengarkan dan menanggapi motivasi
yang disampaikan guru tentang manfaat belajar
nilai determinan matriks dengan metode
minor kofaktor dan sifat operasi matriks ordo 2×2,
|
10
|
2
|
Inti
|
Mengamati
1.
Peserta Didik diarahkan untuk membaca
buku paket atau buku lainnya, yang memuat materi nilai determinan matriks ordo 2×2
2.
Peserta
Didik diberikan stimulus berupa
pemberian materi oleh guru yaitu mengenai nilai determinan matriks ordo 2×2
3. Untuk menumbuhkan sikap saling peduli, guru membagi
kelas menjadi beberapa kelompok
4. Tiap-tiap kelompok diberi lembar kerja, dalam hal ini Peserta Didik diharapkan memiliki rasa
tanggung jawab dan dapat bekerja sama.
Menanya
5. Peserta didik diarahkan untuk bertanya mengenai materi pembelajaran
yang disampaikan, atau mengenai soal-soal yang ada pada lembar kerja.
Mengeksplorasikan
6. Selama peserta didik bekerja di
dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua peserta didik untuk
terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh dari
pekerjaannya.
7. Di dalam kelompoknya, peserta didik diarahkan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi
Mengasosiasikan
8. Didalam kelompoknya, Peserta Didik akan mencoba
dan menalar untuk
Menemukan nilai determinan matriks
dengan metode minor kofaktor dan sifat operasi matriks ordo 2×2
9. Selama Peserta Didik mengerjakan tugas,
guru melakukan pengamatan terhadap
kerja Peserta Didik dalam kelompok mereka, dan mengingatkan Peserta Didik
agar bekerja sama, saling membantu dan peduli.
Mengomunikasikan
10. Guru mempersilakan kepada perwakilan kelompok untuk
mengomunikasikan hasil kerja kelompok mereka, dengan cara melakukan
presentasi atau mengerjakan di papan tulis
dan Peserta Didik dari kelompok lain diminta untuk memperhatikan
dengan seksama, dalam hal ini Peserta
Didik akan menunujukkan rasa percaya diri dan saling menghargai.
11. Untuk menumbuhkan rasa saling menghargai, Peserta Didik dari kelompok
lain dipersilahkan untuk menanggapi dengan bahasa yang
santun
12. Dengan penuh rasa tanggung jawab Peserta Didik dipersilahkan untuk mengumpulkan lembar kerja mereka.
13.
Dengan
tanya jawab, guru mengarahkan semua Peserta Didik pada kesimpulan mengenai materi determinan matriks
14. Untuk memperkuat rasa saling menghargai dan rasa percaya diri, Peserta
Didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas, dan kelompok penyaji akan
mengomunikasikannya.
15. Guru menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh Peserta Didik dan
meluruskan jawaban yang diberikan oleh Peserta Didik
16. Guru memberikan apresiasi kepada Peserta Didik yang bertanya dan
menjawab pertanyaan yang disampaikan.
17. Guru memberikan beberapa soal yang
terkait dengan materi yang sudah
dibahas untuk dikerjakan dan dikumpulkan.
|
65
|
3
|
Penutup
|
1.
Guru
bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.
Guru
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan
3.
Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
4.
Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok (telah
diberikan pada tahap arahan) dan menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
5.
Guru menutup
pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
15
|
Pertemuaan ke-3 (2×45 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
1.
Untuk menumbuhkan penghayatan terhadap agama
yang dianutnya, guru mengucapkan salam
dan memulai pembelajaran dengan membaca doa.
2.
Guru
menanyakan kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan “Bagaimana kabar
kalian hari ini? Sudah
siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak bisa hadir dalam pembelajaran hari
ini?
3.
Guru meminta peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas, minimal di
sekitar meja dan kursi tempat duduknya dan juga memeriksa kerapian peserta didik dalam
berpakaian.
4.
Sebagai
apersepsi, Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari,
dengan pertanyaan “ Apakah diantara kalian ada yang masih ingat pembelajaran Matriks
pada pertemuan sebelumnya?”
5.
Guru menyampaikan kepada Peserta Didik materi
yang akan dipelajari dan indikator yang ingin dicapai setelah pembelajaran
ini, yaitu Menemukan nilai determinan
matriks dengan metode minor kofaktor dan sifat operasi matriks ordo
3×3, diharapkan dalam diri Peserta Didik akan
tumbuh rasa ingin tahu.
6. Guru memotivasi Peserta Didik agar
mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan peserta didik diberi
informasi bahwa guru akan melakukan penilaian terhadap sikap Peserta Didik,
terutama sikap tanggung jawab
7.
Peserta Didik mendengarkan dan menanggapi motivasi
yang disampaikan guru tentang manfaat belajar
nilai determinan matriks dengan metode
minor kofaktor dan sifat operasi matriks ordo 3×3.
|
10
|
2
|
Inti
|
Mengamati
1.
Peserta Didik diarahkan untuk membaca
buku paket atau buku lainnya, yang memuat materi nilai determinan matriks ordo 3×3
2.
Peserta
Didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru yaitu mengenai nilai determinan matriks ordo 3×3
3. Untuk menumbuhkan sikap saling peduli, guru membagi
kelas menjadi beberapa kelompok
4. Tiap-tiap kelompok diberi lembar kerja, dalam hal ini Peserta Didik diharapkan memiliki rasa
tanggung jawab dan dapat bekerja sama.
Menanya
5. Peserta didik diarahkan untuk bertanya mengenai materi pembelajaran
yang disampaikan, atau mengenai soal-soal yang ada pada lembar kerja.
Mengeksplorasikan
6. Selama peserta didik bekerja di
dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua peserta didik untuk
terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh dari
pekerjaannya.
7. Di dalam kelompoknya, peserta didik diarahkan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi
Mengasosiasikan
8. Didalam kelompoknya, Peserta Didik akan mencoba
dan menalar untuk
Menemukan nilai determinan matriks
dengan metode minor kofaktor dan sifat operasi matriks ordo 3×3
9. Selama Peserta Didik mengerjakan tugas,
guru melakukan pengamatan terhadap
kerja Peserta Didik dalam kelompok mereka, dan mengingatkan Peserta Didik
agar bekerja sama, saling membantu dan peduli.
Mengomunikasikan
10. Guru mempersilakan kepada perwakilan kelompok untuk
mengomunikasikan hasil kerja kelompok mereka, dengan cara melakukan
presentasi atau mengerjakan di papan tulis
dan Peserta Didik dari kelompok lain diminta untuk memperhatikan dengan
seksama, dalam hal ini Peserta Didik
akan menunujukkan rasa percaya diri dan saling menghargai.
11. Untuk menumbuhkan rasa saling menghargai, Peserta Didik dari kelompok
lain dipersilahkan untuk menanggapi dengan bahasa yang
santun
12. Dengan penuh rasa tanggung jawab Peserta Didik dipersilahkan untuk mengumpulkan lembar kerja mereka.
13.
Dengan
tanya jawab, guru mengarahkan semua Peserta Didik pada kesimpulan mengenai materi determinan matriks
14. Untuk memperkuat rasa saling menghargai dan rasa percaya diri, Peserta
Didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas, dan kelompok penyaji akan
mengomunikasikannya.
15. Guru menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh Peserta Didik dan
meluruskan jawaban yang diberikan oleh Peserta Didik
16. Guru memberikan apresiasi kepada Peserta Didik yang bertanya dan
menjawab pertanyaan yang disampaikan.
17. Guru memberikan beberapa soal yang
terkait dengan materi yang sudah
dibahas untuk dikerjakan dan dikumpulkan.
|
65
|
3
|
Penutup
|
1.
Guru
bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.
Guru
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan
3.
Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
4.
Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok (telah
diberikan pada tahap arahan) dan menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
5.
Guru menutup
pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
15
|
Pertemuan ke-4 dan ke-5 (4×45 Menit)
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
1.
Untuk menumbuhkan penghayatan terhadap agama
yang dianutnya, guru mengucapkan salam
dan memulai pembelajaran dengan membaca doa.
2.
Guru
menanyakan kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan “Bagaimana kabar
kalian hari ini? Sudah
siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak bisa hadir dalam pembelajaran hari
ini?
3.
Guru meminta peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas, minimal di
sekitar meja dan kursi tempat duduknya dan juga memeriksa kerapian peserta didik dalam
berpakaian.
4.
Sebagai
apersepsi, Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari,
dengan pertanyaan “ Apakah diantara kalian ada yang masih ingat pembelajaran Matriks
pada pertemuan sebelumnya?”
5.
Guru menyampaikan kepada Peserta Didik materi
yang akan dipelajari dan indikator yang ingin dicapai setelah pembelajaran
ini, yaitu Menentukan nilai invers matriks ordo 2×2 dan 3×3, diharapkan dalam diri Peserta Didik akan
tumbuh rasa ingin tahu.
6. Guru memotivasi Peserta Didik agar
mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan peserta didik diberi
informasi bahwa guru akan melakukan penilaian terhadap sikap Peserta Didik,
terutama sikap percaya diri.
7.
Peserta Didik mendengarkan dan menanggapi motivasi
yang disampaikan guru tentang manfaat belajar
Menentukan nilai invers matriks ordo 2×2 dan 3×3.
|
10
|
2
|
Inti
|
Mengamati
1.
Peserta Didik diarahkan untuk membaca
buku paket atau buku lainnya, yang memuat Menentukan nilai invers matriks ordo 2×2 dan 3×3
2.
Peserta
Didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru yaitu Menentukan nilai invers matriks ordo 2×2 dan 3×3
3. Untuk menumbuhkan sikap saling peduli, guru membagi
kelas menjadi beberapa kelompok
4. Tiap-tiap kelompok diberi lembar kerja, dalam hal ini Peserta Didik diharapkan memiliki rasa
tanggung jawab dan dapat bekerja sama.
Menanya
5. Peserta didik diarahkan untuk bertanya mengenai materi pembelajaran
yang disampaikan, atau mengenai soal-soal yang ada pada lembar kerja.
Mengeksplorasikan
6. Selama peserta didik bekerja di
dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua peserta didik untuk
terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh dari
pekerjaannya.
7. Di dalam kelompoknya, peserta didik diarahkan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi
Mengasosiasikan
8. Didalam kelompoknya, Peserta Didik akan mencoba
dan menalar untuk Menentukan
nilai invers matriks ordo 2×2 dan 3×3
9. Selama Peserta Didik mengerjakan tugas,
guru melakukan pengamatan terhadap
kerja Peserta Didik dalam kelompok mereka, dan mengingatkan Peserta Didik
agar bekerja sama, saling membantu dan peduli.
Mengomunikasikan
10. Guru mempersilakan kepada perwakilan kelompok untuk
mengomunikasikan hasil kerja kelompok mereka, dengan cara melakukan
presentasi atau mengerjakan di papan tulis
dan Peserta Didik dari kelompok lain diminta untuk memperhatikan
dengan seksama, dalam hal ini Peserta
Didik akan menunujukkan rasa percaya diri dan saling menghargai.
11. Untuk menumbuhkan rasa saling menghargai, Peserta Didik dari kelompok
lain dipersilahkan untuk menanggapi dengan bahasa yang
santun
12. Dengan penuh rasa tanggung jawab Peserta Didik dipersilahkan untuk mengumpulkan lembar kerja mereka.
13.
Dengan
tanya jawab, guru mengarahkan semua Peserta Didik pada kesimpulan mengenai materi determinan matriks
14. Untuk memperkuat rasa saling menghargai dan rasa percaya diri, Peserta
Didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas, dan kelompok penyaji akan
mengomunikasikannya.
15. Guru menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh Peserta Didik dan
meluruskan jawaban yang diberikan oleh Peserta Didik
16. Guru memberikan apresiasi kepada Peserta Didik yang bertanya dan
menjawab pertanyaan yang disampaikan.
17. Guru memberikan beberapa soal yang
terkait dengan materi yang sudah
dibahas untuk dikerjakan dan dikumpulkan.
|
65
|
3
|
Penutup
|
1.
Guru
bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.
Guru
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan
3.
Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
4.
Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok (telah
diberikan pada tahap arahan) dan menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
5.
Guru menutup
pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
15
|
Pertemuan ke-6 dan ke-7 (4×45 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
1.
Untuk menumbuhkan penghayatan terhadap agama
yang dianutnya, guru mengucapkan salam
dan memulai pembelajaran dengan membaca doa.
2.
Guru
menanyakan kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan “Bagaimana kabar
kalian hari ini? Sudah
siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak bisa hadir dalam pembelajaran hari
ini?
3.
Guru meminta peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas, minimal di
sekitar meja dan kursi tempat duduknya dan juga memeriksa kerapian peserta didik dalam
berpakaian.
4.
Sebagai
apersepsi, Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari,
dengan pertanyaan “ Apakah kalian masih ingat pembelajaran matriks pada perteemuan
sebelumny?”
5.
Guru menyampaikan kepada Peserta Didik materi
yang akan dipelajari dan indikator yang ingin dicapai setelah pembelajaran
ini, yaitu Menerapkan invers matriks dalam memecahkan masalah,
Membuat model matematika dalam bentuk sistem persamaaan linear menjadi
bentuk matriks, Meyelesaikan SPL
dengan invers matriks dan metode
Crammer
6.
, diharapkan dalam diri Peserta Didik akan
tumbuh rasa ingin tahu.
7. Guru memotivasi Peserta Didik agar
mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan peserta didik diberi
informasi bahwa guru akan melakukan penilaian terhadap sikap Peserta Didik,
terutama sikap toleransi.
8. Peserta Didik mendengarkan dan menanggapi
motivasi yang disampaikan guru tentang manfaat belajar
Menentukan Menerapkan invers matriks dalam memecahkan masalah, Membuat model
matematika dalam bentuk sistem persamaaan linear menjadi bentuk matriks, Meyelesaikan SPL dengan invers matriks dan metode Crammer
|
10
|
2
|
Inti
|
Mengamati
1.
Peserta Didik diarahkan untuk membaca
buku paket atau buku lainnya, yang memuat Menerapkan invers matriks dalam memecahkan masalah, Membuat model
matematika dalam bentuk sistem persamaaan linear menjadi bentuk matriks, Meyelesaikan SPL dengan invers matriks dan metode Crammer
2.
Peserta
Didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru yaitu Menerapkan invers matriks dalam memecahkan masalah, Membuat model
matematika dalam bentuk sistem persamaaan linear menjadi bentuk matriks, Meyelesaikan SPL dengan
invers matriks dan metode Crammer
3. Untuk menumbuhkan sikap saling peduli, guru membagi
kelas menjadi beberapa kelompok
4. Tiap-tiap kelompok diberi lembar kerja, dalam hal ini Peserta Didik diharapkan memiliki rasa
tanggung jawab dan dapat bekerja sama.
Menanya
5. Peserta didik diarahkan untuk bertanya mengenai materi pembelajaran
yang disampaikan, atau mengenai soal-soal yang ada pada lembar kerja.
Mengeksplorasikan
6. Selama peserta didik bekerja di
dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua peserta didik untuk
terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh dari
pekerjaannya.
7. Di dalam kelompoknya, peserta didik diarahkan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi
Mengasosiasikan
8. Didalam kelompoknya, Peserta Didik akan mencoba
dan menalar untuk
Menerapkan invers matriks dalam memecahkan masalah, Membuat model matematika
dalam bentuk sistem persamaaan linear menjadi bentuk matriks, Meyelesaikan SPL dengan
invers matriks dan metode Crammer
9. Selama Peserta Didik mengerjakan tugas,
guru melakukan pengamatan terhadap
kerja Peserta Didik dalam kelompok mereka, dan mengingatkan Peserta Didik
agar bekerja sama, saling membantu dan peduli.
Mengomunikasikan
10. Guru mempersilakan kepada perwakilan kelompok untuk
mengomunikasikan hasil kerja kelompok mereka, dengan cara melakukan
presentasi atau mengerjakan di papan tulis
dan Peserta Didik dari kelompok lain diminta untuk memperhatikan
dengan seksama, dalam hal ini Peserta
Didik akan menunujukkan rasa percaya diri dan saling menghargai.
11. Untuk menumbuhkan rasa saling menghargai, Peserta Didik dari kelompok
lain dipersilahkan untuk menanggapi dengan bahasa yang
santun
12. Dengan penuh rasa tanggung jawab Peserta Didik dipersilahkan untuk mengumpulkan lembar kerja mereka.
13.
Dengan
tanya jawab, guru mengarahkan semua Peserta Didik pada kesimpulan mengenai materi determinan matriks
14. Untuk memperkuat rasa saling menghargai dan rasa percaya diri, Peserta
Didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas, dan kelompok penyaji akan
mengomunikasikannya.
15. Guru menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh Peserta Didik dan
meluruskan jawaban yang diberikan oleh Peserta Didik
16. Guru memberikan apresiasi kepada Peserta Didik yang bertanya dan
menjawab pertanyaan yang disampaikan.
17. Guru memberikan beberapa soal yang
terkait dengan materi yang sudah
dibahas untuk dikerjakan dan dikumpulkan.
|
65
|
3
|
Penutup
|
1.
Guru
bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.
Guru
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan
3.
Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
4.
Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok (telah
diberikan pada tahap arahan) dan menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
5.
Guru menutup
pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
15
|
Pertemuan ke-8 (2×45 menit)
Ulangan Harian 1(Soal terlampir)
B. Penilaian/
remidial/ pengayaan
1.
Teknik Penilaian dan instrumen
a. Penilaian Pengetahuan : tes tertulis
(terlampir)
b. Sikap :
Observasi/ Pengamatan (terlampir)
2.
Prosedur Penilaian (terlampir)
Instrumen
C. Media/ alat, bahan,
dan sumber belajar
Sumber Belajar
1.
Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Matematika
Kurikulum 2013 SMA/ MA kelas XII. Jakarta:Pusat Kurikulum dan Perbukuan,
Balitbang, Kemdikbud.
2.
Ari Y, Rosihan. 2005. Khazanah Matematika Untuk Kelas XII SMA dan MA Program IPS dan Bahasa. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas
Mengetahui
Kepala SMA.........................
Zulfadli Reiiyan At Thorik
NIP.20131131 197905 1 001
|
..............., 27 Juli 2015
Guru Mata Pelajaran Matematika
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar